Kecelakaan Dramatis Hindenburg yang Akhiri Era Kapal Udara – terselubung.in

Discussion in 'Berita, Info dan Bacaan' started by AyoChat.Bots, Dec 13, 2017.

ShortURL:
  1. AyoChat.Bots

    AyoChat.Bots Team Ayochat Staff Member

    [​IMG]
    Kapal udara (bahasa Inggris: airship, bahasa Jerman: Luftschiff) adalah pesawat terbang yg dapat dikemudikan, dengan daya angkat yg berasal dari ruangan berisi gas yg lebih ringan daripada udara, & memiliki tenaga penggerak sendiri. Penggunaannya saat ini terutama untuk iklan udara, tugas-tugas pengawasan dari udara & juga untuk penelitian.

    Di abad ke-19 & terutama pada awal abad ke-20 kegunaannya jauh lebih luas. Kapal udara merupakan modus pengangkut udara yg pertama kali digunakan perusahaan penerbangan & juga pesawat terbang pertama yg melakukan penerbangan non-stop antara Eropa & Amerika. Pada perang dunia pertama digunakan sebagai pengintai jarak jauh & juga sebagai pembom.

    new innity_adZone("e945de21a1bb5714a0bc8a897ed32e9f","59797",{});​

    Seperti yg dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Kapal udara LZ-129 Hindenburg merupakan kapal udara terbesar yg pernah dibuat pada saat itu. Dibangun oleh perusahaan Luftschiffbau Zeppelin pada tahun 1935 dengan nilai 500.000. Kapal udara ini terbang buat kali pertamanya pada Maret 1936 & mencapai catatan menyeberangi Samudra Atlantik sebanyak dua kali dalam lima hari, 19 jam, 51 menit pada bulan Juli 1936. Pesawat itu dinamakan dengan nama Presiden Jerman Paul von Hindenburg, & LZ adalah singkatan dari nama perusahaan pembuatnya, Luftschiffbau Zeppelin yg didirikan oleh Ferdinand von Zeppelin. Kebiasaan di Jerman memang menamakan semua kapal udaranya dengan nama lelaki.

    [​IMG]
    Perbandingan besar Hindenburg, Boeing 747 & Titanic

    new innity_adZone("e945de21a1bb5714a0bc8a897ed32e9f","57709",{});​

    Kapal udara LZ-129 Hindenburg menggunakan rancangan terkini dengan menggunakan aluminium, berukuran sepanjang 245 meter, diameter 41 meter, & mengandung 211.890 meter persegi gas hidrogen dalam 16 kampit / sel. Kapal udara LZ-129 Hindenburg mempunyai daya angkut 112 ton, mempunyai empat mesin diesel berkekuatan 1100 tenaga kuda dengan kecepatan 135 kilometer per jam. Hindenburg mampu membawa 72 orang (50 orang jika menyeberangi Samudra Atlantik) dengan 61 awak kapal.

    Kapal udara LZ-129 Hindenburg mempunyai bentuk yg licin & menarik. Untuk mempertahankan bentuk yg aerodinamis, bagian penumpang terletak di dalam kantong udara & bukan di luar. Hindenburg dilapisi dengan kain kapas yg disapu dengan campuran varnis selulus & aluminium. Hindenburg seharusnya diisi dengan gas helium tetapi embargo militer Amerika Serikat terhadap helium memaksa Jerman menggunakan gas hidrogen yg mudah terbakar sebagai gas pengapung.

    Pada 6 Mei 1937 pada pukul 19:25 kapal udara Zeppelin Jerman, Hindenburg, musnah terbakar hanya dalam tempo kurang dari satu menit, ketika sedang mencoba untuk berlabuh dengan tiang pengikat di Stasiun Angkatan Udara Lakehurst di New Jersey, Amerika Serikat. Dalam kejadian yg terkenal itu, dari keseluruhan 97 penumpang yg menaiki Hindenburg, sebanyak 35 jiwa tewas.

    Baca Juga: Sejarah Baju Koko

    [​IMG]



    Sebab kebakaran
    Sebab utama kebakaran itu tidak diketahui dengan tepat. Salah satu sumber ledakan mungkin disebabkan oleh percikan listrik statis yg terkumpul dari gesekan dengan udara. Lapisan aluminium yg mudah terbakar ini mungkin terbakar, yg menyebabkan gas hidrogen yg mudah terbakar terlepaskan. Hidrogen terbakar tanpa warna, karenanya api yg menjulang mungkin menunjukkan api tersebut bukan disebabkan oleh hidrogen. Selain itu gas hidrogen di dalam Hindenburg pun telah dicampurkan dengan bau bawang putih agar dapat memberi tahukan kebocoran. Tidak ada siapapun yg selamat melaporkan bau bawang putih ketika penerbangan / ketika percobaan pendaratan sebelum malapetaka tersebut. Sekiranya Amerika Serikat tidak mengenakan embargo militer kepada ekspor gas helium, api mungkin akan dapat dipadamkan lebih awal & hanya menyebabkan kebocoran.

    [​IMG]
    Smoking Room di dalam Hindenburg

    Terdapat beberapa kejadian kecelakaan kapal udara sebelum Hindenburg (semuanya tidak melibatkan Zeppelin) yg kebanyakan disebabkan oleh cuaca buruk. Bagaimanapun Zeppelin mempunyai catatan keselamatan yg menakjubkan. Sebagai contoh Graf Zeppelin telah terbang dengan selamat sejauh 1,6 juta km termasuk mengelilingi dunia. Pihak Jerman mengetahui bahaya hidrogen & telah mengamalkan langkah-langkah keselamatan yg ketat sepanjang penerbangan dengan kapal udara Zeppelin, termasuk menyimpan semua pematik & larangan merokok kecuali di dalam ruangan khusus. Perusahaan Zeppelin amat bangga bahwa tidak ada seorang penumpang pun yg pernah terluka / tercedera ketika terbang dengan kapal udara mereka. Zeppelin pun dianggap aman.

    Musibah Hindenburg ini mengubah segalanya. Kepercayaan publik hilang sepenuhnya saat melihat gambaran televisi yg jelas & mengejutkan serta diiringi dengan rekaman bunyi secara langsung. Disebabkan laporan yg begitu luas, Transportasi udara Zeppelin terhenti. Peristiwa ini mengakhiri era kapal udara raksasa pembawa penumpang yg kaku.



    Laporan berita
    Musibah ini diingat karena laporan berita televisi, gambar, & rekaman radio Herbert Morrison mengenai laporan saksi di lapangan pendaratan. Ulasan Morrison hanya disiarkan pada keesokan harinya.

    Sebagian dari laporannya kemudian dimasukkan ke dalam tayangan berita (sehingga memberikan gambaran yg salah kepada mereka yg terbiasa melihat laporan langsung televisi pada masa kini bahwa laporan Morisson & gambar diambil secara serentak.)

    Pihak Jerman kemudian mengambil kembali rangka logam Hindenburg yg kemudian digunakan untuk menghasilkan kelengkapan peperangan yg digunakan oleh pihak Jerman dalam Perang Dunia II.

    Lebih lengkap lagi mengenai fakta-fakta kapal udara hindenburg & kecelakaannya, berikut foto-fotonya dapat dibaca & dilihat disini

    Konten ini didapat dari internet. Tidak diketahui kebenarannyan 100%. Silahkan lakukan research lanjutan tentang bacaan ini.

    Enjoy!
ShortURL: